Waspadai Gejala Obesitas Berikut Untuk Menghindari Hal yang Tidak Diinginkan

Waspadai Gejala Obesitas Berikut Untuk Menghindari Hal yang Tidak Diinginkan

Waspadai Gejala Obesitas Berikut Untuk Menghindari Hal yang Tidak Diinginkan

Obesitas merupakan salah satu kondisi dimana tubuh mengalami berat badan yang berlebih. Obesitas menjadi salah satu kondisi yang harus diperhatikan secara khusus. Berat badan yang sudah melebihi dari berat badan yang ideal pastinya kurang baik untuk tubuh. Ada beberapa orang memiliki berat badan yang berlebih namun tidak meyadari jika memang berat badan yang meraka miliki kurang baik dan bahkan mengancam kesehatan. Memiliki berat badan yang terlalu berlebih bisa menunjukan satu tingkat obesitas yang membahayakan. Untuk menghindari berbagai hal yang kurang menyenangkan dan tidak baik untuk tubuh berikut ini beberapa gejala obesitas yang harus diperhatikan.

Lingkar perut bertambah

Salah satu gejala yang bisa dilihat disadari dengan jelas adalah lingkar perut yang bertambah atau melebar. Tidak hanya dari berat badan saja yang bisa memperlihatkan jika tubuh mengalami obesitas melainkan dari lingkar perut juga harus dihitung. Dengan mengukur atau memperhatikan lingkar perut anda bisa tahu apakah pada bagian perut dan pinggang terdapat lemak yang berlebih ataukah tidak. Jika tubuh mengalami obesitas sudah pasti lingkar perut akan bertambah besar.

Sesak Nafas

Sesak nafas juga menjadi salah satu gejala jika tubuh mengalami obesitas. Sesak nafas terjadi dikarenakan adanya penimbunan lemak pada leher. Lemak yang bertambah dan tertimbuk pada bagian dada hingga leher tentu akan menghambat aliran udara yang ada pada dada dan leher. Penumpukan lemak yang terjadi pada bagian dada hingga leher ini membuat udara menjadi susah untuk masuk dan keluar pada bagian paru-paru. Dengan kondisi ini pastinya akan membuat sulit untuk bernafas.

Mendengkur

Jika sebelumnya belum pernah mendengkur pada saat tidur dan tiba-tiba mengalami mendengkur tentu hal ini harus diwaspadi sebagai salah satu gejala obesitas. Mendengkur terjadi sebagai gejala dari obesitas dkarenakan pada bagian leher terdapat timbunan lemak. Dengkuran berasal dari getaran jaringan lunak yang ada pada bagian leher serta tenggorokan sewaktu proses pernapasan. Jika seseorang memiliki lingkar leher yang melebihi hingga 43cm tentu akan membuat seseorang tersebut mendengkur.

Kelalahan

Pada tubuh yang mengalami obesitas juga akan mengalami kelelahan yang luar biasa. Meskipun tubuh tidak melakukan aktivitas yang tinggi tubuh akan tetap mengalami kelelahan. Memang ada banyak sekali yang menjadi penyebab mudah lelahnya tubuh namun yang paling umum adalah ketika tubuh mengalami obesitas. Apalagi jika mengalami kelelahan yang luar biasa padahal hanya melakukan aktivitas berjalan saja.

Sakit Maag

Seseorang yang mengalami obesitas juga akan mendapatkan gejala sakit maag. Lemak yang tertimbun pada system saluran pencernaan dengan jumlah yang banyak akan memicu tekanan pada bagian pencernaan dan bisa menyebabkan asam lambung menjadi meningkat. Dengan hal ini maka sakit maag pun tidak akan terhindari.