Tips Supaya Buku Anda Cepat Diterbitkan Oleh Penerbit

Tips Supaya Buku Anda Cepat Diterbitkan Oleh Penerbit

Tips Supaya Buku Anda Cepat Diterbitkan Oleh Penerbit

Untuk menjadi seorang penulis yang professional pastinya membutuhkan pembuktian salah satunya adalah dengan menerbitkan karya anda menjadi sebuah buku. Untuk sampai pada proses penyetakan hingga penerbitan tentu harus melalui beberapa tahapan yang tidak mudah. Salah satu proses yang bisa dibilang menjadi proses yang sangat menentukan adalah pada saat proses awal pengenalan atau mengajukan draft pada penerbit. Untuk mendapatkan tempat di hati penerbit sehingga buku Anda pun akan langsung terwujud.

Perhatikan Tren Saat Ini

Jika ingin mendapatkan buku yang segera disetujui dan diterbitkan oleh penerbit maka sebisa mungkin buatlah naskah yang sesuai dengan tren pada saat ini. Penerbit pasti akan langsung melirik dan mungkin saja bisa langsung menerbitkan naskah yang anda miliki jika memang sesuai dengan selera pasar cara menerbitkan buku sendiri. Karena memang bagaimanapun juga penerbit juga merupakan perusahaan yang menginginkan keuntungan dari apa yang mereka produksi. Dengan membuat naskah yang sesuai dengan tren maka bisa saja bukumu akan langsung diterima oleh pembaca dan bisa menghasilkan hasil yang maksimal.

Penulis Harus Punya Ciri Khas

Penulis yang menarik adalah penulis yang memiliki cirikhas tersendiri. Anda bisa menunjukkan segala kelebihan yang anda miliki langsung pada paragraph pertama yang ada pada naskah Anda. Draft merupakan penentu dari apakah buku Anda akan bisa diterbitkan ataukah tidak. Untuk membuat penerbit yakin, maka Anda harus langsung membuat kalimat dan juga paragraph pembuka yang menarik dan langsung bisa memperlihatkan segala ide kreativitas yang anda miliki. Selain dari penulisan, Anda juga bisa memberikan judul yang menarik pada draft anda.

Lalui Segala Tahap Dengan Sabar

Menjadi seorang penulis yang menginginkan buku diterbitkan maka juga harus memiliki kesabaran yang ekstra. Ada 5 tahap yang harus dilalui dengan sangat sabar dan sungguh-sungguh. Mulai dari  pembuatan draft, revisi, editing hingga marketing tentu akan menjadi alur penerbitan yang sangat padat dan juga melalui jalur yang panjang. Editing dan Revisi bisa menjadi salah satu jalan yang paling lama untuk dilalui oleh para penulis. Editor dari penerbit akan mengecek ulang dan juga meneliti semua isi dari draft yang Anda ajukan. Editor akan mengolah sebaik mungkin dan Anda tentu berkewajiban untuk mengedit semua draft hingga menjadikan hasil yang terbaik.

Promosi Selalu Buku Anda

Meskipun buku sudah diterbitkan oleh penerbit namun bukan berarti segala proses sudah berhenti. Promosi untuk buku yang Anda miliki harus tetap untuk Anda lakukan. Penerbitan melalui penerbit mayor bukan berarti segala promosi akan dipegang langsung oleh penerbit melainkan Anda juga harus tetap melakukan promosi untuk mendapatkan keuntungan yangs emakin banyak dari buku yang anda terbitkan. Sebab saat ini banyak penerbit yang kurang mampu untuk memberikan promosi secara menyeluruh untuk semua penulisnya.